BERBAGAI DESKTOP ENVIRONTMENT LINUX/DE LINUX

BERBAGAI DESKTOP ENVIRONTMENT LINUX/DE LINUX

Mr.Neko-
Setelah sebelumnya kita Mengenal linux sekarang saya akan memberikan informasi tentang apa saja pilihan tampilan desktop atau desktop environtment untuk linux.
Dilinux sendiri ada beragam tampilan dekstop bisa kita terapkan ,dimana setiap desktop environtment memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri dan biasanya pemilihan desktop environtment lebih didasarkan kepada fungsinnya karena ada dektop environtment yang berat dan ada yang ringan tergantung dari spesifikasi komputer tersebut.
Berikut macam-macam desktop environtment untuk linux:
  • Unity
Unity sendiri adalah tampilan standar dari disto ubuntu ,jika kalian menginstall linux ubuntu bisa dipastikan kalau kalian langsung menggunakan desktop environtment unity tersebut.
Unity adalah visi dari ubuntu tentang seperti seharusnya tampilan linux tersebut,untuk sebagian pengguna unity identik dengan ubuntu,unity sendiri memiliki tampilan taskbar yang hampir mirip seperti Windows7, tapi disisi lain unity memiliki identitasnya sendiri,namun unity juga mencakup program-program yang ada pada GNOME dan masih ada sampai sekarang.

  •  GNOME
GNOME adalah desktop environtment paling terkenal dari semua DE lainya.
seri GNOME 2.x sendiri telah digunakan sebagai tampilan desktop standar untuk distro ubuntu,fedora,debian dan sebagian besar distribusi linux lainya,karena GNOME terkenal ringan dan sederhana.
Setelah transisi ke GNOME 3 mulai banyak fitur yang menjauh dari GNOME itu sendiri atau bisa dibilang GNOME 3 berbeda dengan versi sebelumnya.

Namun di GNOME 3 banyak fitur baru yang sebelumnya tidak ada pada versi sebelumnya ditambah dengan tampilan desktop yang semakin bagus dilengkapi dengan efek-efek grafis membuat GNOME 3 ini semakin terkenal walaupun sudah berbeda dengan versi sebelumnya.

  • KDE
Pada satu titik, KDE dan GNOME adalah dua lingkungan desktop Linux paling populer. KDE selalu lebih kompleks daripada GNOME, kemasan dalam banyak pilihan konfigurasi yang lebih dan fitur. Ini sedikit lebih Windows seperti dari lingkungan desktop lain di sini, datang dengan taskbar tunggal pada bagian bawah layar yang meliputi menu, cepat peluncuran-jenis ikon, taskbar, area notifikasi, dan jam - tata letak yang khas dari tugas Windows sebelum Windows 7.

KDE adalah lingkungan desktop yang solid yang cocok untuk seseorang yang ingin banyak pilihan konfigurasi. Desktop KDE 4 ini dilengkapi dengan berbagai widget, sehingga desktop itu sendiri dapat secara luas disesuaikan, juga. KDE didasarkan pada toolkit QT, sedangkan GNOME dan Unity didasarkan pada toolkit GTK. Ini berarti bahwa KDE menggunakan program yang berbeda dari ini desktop lainnya - file manager, penampil gambar, dan sebagainya - mereka semua program yang berbeda dari yang kalian akan menggunakan pada GNOME atau desktop Unity


  • XFCE
Xfce adalah lingkungan desktop yang lebih ringan. mirip dengan GNOME 2.x, tetapi dengan GNOME 3 berbeda, Xfce sekarang memiliki identitasnya sendiri sebagai lingkungan desktop Linux lebih tradisional yang sangat mirip dengan GNOME 2.

Pilihan ini sangat ideal jika kalian ingin lingkungan desktop yang lebih tradisional tanpa peluncur layar penuh aplikasi, efek grafis berlebihan, dan widget desktop. Ini juga lebih ringan daripada pilihan lain di sini, sehingga ideal untuk komputer lama atau yang tanpa driver grafis 3D yang stabil yang tidak dapat menangani efek di Unity dan GNOME.

Sementara Xfce juga menggunakan toolkit GTK, itu mencakup banyak program sendiri, seperti file manager ringan, editor teks, dan penampil gambar. Anda tidak akan menemukan semua program khas kalian akan menemukan di Unity dan GNOME, 

  •  CINNAMON
Cinnamon dikembangkan untuk Linux Mint. Cinnamon didasarkan pada GNOME 3, sehingga menggunakan up-to-date perpustakaan dan perangkat lunak lain - tetapi membutuhkan software itu dan mencoba untuk membuat desktop yang lebih tradisional tampak dengan itu.

lingkungan desktop modern ini menawarkan efek grafis yang bagus dan menu aplikasi dirancang kembali. Namun, itu tidak membuang masa lalu dan termasuk taskbar, menu aplikasi yang tidak mengambil layar penuh, dan sebagainya. Linux Mint mendorong Cinnamon sebagai salah satu lingkungan desktop disukai, tetapi Anda juga dapat menginstal dan menggunakannya pada Ubuntu.

Seperti itu didasarkan pada GNOME, Cinnamon menggunakan banyak GNOME utilitas tetapi juga mencakup beberapa alat konfigurasi sendiri.


Itulah Berbagai dektop environtment untuk linux, sebenarnya masih ada lagi seperti xmonad,LXDE,MATE,dll, semoga artikel dapat bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog kami:

4 Responses to "BERBAGAI DESKTOP ENVIRONTMENT LINUX/DE LINUX"