MENGENAL LINUX LEBIH JAUH


Mr.Neko-
Halo kawan semuanya.
sistem operasi apakah yang kalian pakai sekarang? gratis atau berbayar?
untuk orang indonesia mungkin sudah terbiasa menggunakan windows untuk keperluan sehari-hari mulai dari multimedia sampai office,Tapi tahukah kalau sistem windows sendiri tidak gratis dan bisa langsung digunakan seperti yang kalian lihat selama ini.
Windows sendiri merupakan sistem operasi yang berbayar dimana harga untuk setiap installernya sekitar 1 juta/installernya.
lalu apakah yang kawan gunakan selama ini windows asli atau bajakan?
yakk sebagian besar windows yang kita temui adalah windows bajakan yang artinya tidak legal dan tidak dapat melakukan update sistem seperti kalau kita menggunkan windows yang asli.
Nah dari penjelasan saya diatas apakah kawan pernah berfikir menggunakan sistem operasi yang legal dan gratis? Mungkin Linux adalah jawaban yang anda cari,mungkin sistem operasi ini belum familiar dengan orang indonesia yang sudah familiar dengan sistem operasi windows.

Untuk itu kita akan mengenal Linux lebih jauh,kita mulai dari sejarah linux sendiri.
  • Sejarah
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.
Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, ,C Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.
Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. 
  • Distro Linux
Disto/Distribusi Linux sebenarnya ada banyak jenisnya tapi disini saya hanya akan memberikan 5 Distro yang banyak digunakan oleh pengguna Linux.
  • Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distro linux yang dibariskan pada debian.
proyek ubuntu sendiri disponsori oleh Canonical .Ltd, nama ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di afrika selatan, ubuntu yang bahasa kuno afrika ,yang berarti "Rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia".
  •  CentOS
adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Redhat enterprise (RHEL)
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).
  • Debian
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel linux.
debian adalah "kernel independen", yaitu sistem operasi dikembangkan secara murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.
 

  • Linux mint
Linux mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. 
  
  •        Slackware

Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix 

Itulah yang mungkin dapat saya sampaikan ,mulailah belajar linux karena mungkin saja suatu saat windows sudah tidak dapat didapatkan dengan gratis karena pada dasarnya windows adalah sistem operasi yang berbayar,
semoga artikel mengenal linux lebih jauh saya ini dapat bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog kami:

8 Responses to "MENGENAL LINUX LEBIH JAUH"

  1. Emang linux itu menurut ane enak banget dipakenya. Udah gitu open source lagi

    BalasHapus
  2. Wah ternyata yang jadul itu lebih bagus yah

    BalasHapus
  3. masih setia pake windows, aplikasi di linux masih belum selengkap di windows hhehehe

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. ane kurang suka linux karena ribet

    BalasHapus
  6. Hmm mungkin emang Linux lebih murah dibanding Windows dan karena lebih murah pasti Legal. Tapi kebanyakan orang lebih suka sama Windows. Mungkin aja masih banyak yang sama sekali gak tau Linux

    BalasHapus
  7. nice pos gan...
    thnks banget sangat bermanfaat infonya
    jadi sedikit ngerti tentang Linux

    BalasHapus