CARA MENGHEMAT BATERAI ANDROID


Mr.Neko-
Baterai pada sebuah perangkat elektronik diibaratkan sebagai nyawa karena tanpa baterai perangkat elektronik tersebut tidak dapat hidup atau digunakan.
Smartphone android merupakan perangkat elektronik yang paling banyak penggunanya, hampir semua usia sudah menggunakan perangkat smartphone,penggunaan smartphone sendiri ada batasnya yaitu dibatasi dengan kapasitas baterai smartphone itu sendiri, kali inisaya akan memberikan sebuah artikel tentang cara menghemat baterai android.
  • Penyebab baterai android boros
  1. Penggunaan android yang berlebihan (Over)
  2. Kapasitas baterai yang kecil
  3. Usia baterai yang sudah tua/lama
Dari penjelasan diatas disimpulkan kalau penggunaan yang berlebihan dapat membuat baterai boros tapi juga bisa karena hal lain,namun sebagian besar karena penggunaan yang berlebihan.
  • Cara menghemat baterai android
1.Mengurangi tingkat kecerahan android
Cara Menghemat baterai dengan mengurangi kecerahan layar dapat dikategorikan sebagai cara yang ampuh dan efektif .

Karna pada dasarnya Layarlah yang selalu Bekerja 24 jam pada saat anda ingin memainkan gadget sobat dan jika ternyata tingkat kecerahannya sangat tinggi maka ini akan berdampak pada pengurasan Baterai.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menurunkan kecerahan ke level terendah .

Untuk caranya sendiri

- Silahkan geser/drag kebawah layar utama pada gadget anda dan Turunkan levelnya .

- Untuk Lebih jelasnya silahkan Lihat gambar dibawah ini







 2.Matikan nada getar atau getaran

Sulit dipercaya memang jika getaran membuat baterai gadget anda cepat habis, ya tapi inilah kenyataannya .

Pada saat Hp anda bergetar batrai akan menguras puluhan Mah , Untuk mematikan sistem getaran ini sangkat mudah dan simple sekali hanya dengan - mendrag kebawah dilayar utama lalu Pilih icon bertuliskan getaran / vibrate dengan itu gadget anda akan secara Otomatis mematikan Sistem Vibratenya

3.Gunakan fitur waktu tidur pada android
Cara menghemat Baterai selanjutnya Ialah dengan mengatur waktu tidur cara ini umumnya sama dengan cara diatas intinya ialah meminimalkan penggunaan daya pada layar utama yang bertujuan untuk menghemat daya baterai.

Untuk caranya Silahkan Pergi Kepengaturan - Lalu Pilih Opsi Kunci layar atau sandi -  Lalu pilih Tidur dan tentukan waktu yang anda inginkan. ( Xiaomi Redmi 2 )

Rekomendasi saya ialah semakin Cepat waktu tidur maka semakin Hemat daya yang digunakan.




4.Cara paling efektif untuk menghemat baterai android selanjutnya ialah dengan menonaktifkan fitur Bluetooth, NFC, GPS,Wi-Fi dan Data Seluler jPada saat tidak digunakan.

Loh kok harus dimatikan ?

Alasannya ialah karena jika semua fitur tersebut dalam keadaan aktif maka mereka akan terus-menerus mencari signal meskipun Semua fitur diatas tidak kita gunakan

Proses pencarian sinyal inilah yang dapat dikatakan banyak menggunakan daya baterai bahkan sampai - sampai membuat baterai menjadi Panas.

Maka dari itu Gunakan disaat yang dibutuhkan saja atau kalau masih ingin menggunakan data gunakan mode edge saja karena sinyanya lebih ringan untuk android walaupun resikonya lemot saja.


5.Aktifkan mode hemat baterai (jika ada)








Cara Terakhir ialah Menggunakan Mode hemat baterai atau Menggunakan Aplikasi Penghemat baterai , Cara ini memudahkan anda saat anda tidak bisa memanage Baterai anda disaat anda sedang sibuk.

Saat baterai anda dalam keadaan Low, Sistem ini akan otomatis Mematikan Aplikasi yang sedang berjalan dan Meredupkan layar utama , Jadi anda tidak perlu khawatir akan Kehabisan Baterai disat yang darurat.

Sekian Tentang Artikel Cara menghemat baterai android. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat Membantu dan bermanfaat.










Subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog kami:

1 Response to "CARA MENGHEMAT BATERAI ANDROID"